Silakan Cari Disini :

Senin, 14 Februari 2011

PERAMALAN PERMINTAAN DENGAN MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC

Inventory (persediaan) pastilah dibutuhkan oleh setiap perusahaan baik itu perusahaan barang ataupun jasa. Melakukan stok barang yang terlalu besar harus dihindari oleh perusahaan, karena hal tersebut merupakan suatu pemborosan bagi perusahaan.  Oleh karena itu, optimalisasi persediaan adalah sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Sistem Logika Fuzzy memiliki keunggulan dalam memodelkan aspek kualitatif dari pengetahuan manusia serta pengambilan keputusan sebagaimana dilakukan oleh manusia dengan menerapkan basis aturan atau basis kaidah.
Salah satu cara untuk mengoptimalkan persediaan dalam suatu perusahaan adalah dengan melakukan suatu peramalan terhadap jumlah persediaan barang. Adapun metode Fuzzy Logic yang dipakai disini adalah Fuzzy Time Series (FTS) dengan beberapa basis model perataan (w). Dan pengujiaan data akan dilakukan terhadap data penjualan produk Asbes periode 1997-2001, di sebuah perusahaan bahan bangunan yaitu UD. Moro Seneng. Sedangkan untuk analisa hasil peramalan nantinya, hasil peramalan Fuzzy Time Series (FTS) akan dibandingkan dengan hasil peramalan dengan menggunakan metode EWMA (Exponentially Weighted Moving Average), dimana peramalan dengan Fuzzy Time Series hasilnya akan lebih optimal.
Dan untuk mengukur ketepatan model perhitungan dan peramalan, akan digunakan ukuran statistik standar Nilai Tengah Galat Kuadrat (Mean Squared Error / MSE) dan ukuran relatif Nilai Tengah Galat Presentase Absolut (Mean Absolute Precentage Error / MAPE). Hasil peramalan yang diperoleh dengan metode Fuzzy Time Series.
Tags: , , , , , , , , , , , ,

Tidak ada komentar: